Minggu, 31 Maret 2013

UNIK



YANG UNIK SEPUTAR PIALA OSCAR



Siapa sih pelaku film yang tak ingin mendapatkan piala yang satu ini? Piala Oscar memang mungkin merupakan piala yang paling diinginkan di dunia ini. Ingin tahu lebih banyak tentang piala berbentuk manusia berkepala plontos ini?


1. Setiap patung Oscar berdiri pada gulungan film, yang memiliki lima jari mewakili cabang-cabang asli akademi yakni aktor, sutradara, produser, teknisi, dan penulis.

2. Patung itu sendiri adalah ksatria yang memegang pedang tentara salib. Tahun ini, pihak akademi sedang mencoba untuk memulai tren 'Oscaring' di mana orang berpose seperti patung Oscar.

3. Akademi telah memberikan hampir 3 ribu patung Oscar sejak 1929, tetapi semua patung itu memiliki nomor yang berbeda.

4. Anggota asli akademi, Cedric Gibbons, adalah yang merancang patung tersebut. Sutradara, penulis skenario, dan aktor Emilio Fernandez berpose tanpa busana untuk menginspirasi desain Oscar. Seniman George Stanley adalah yang mengukir Oscar.

5. Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan patung Oscar pertama pada 1929. Saat itu, patung tersebut hanya dijuluki Academy Award of Merit. Sekarang, patung itu dinamai Oscar sejak 1939.

6. Perusahaan S Owens and Company adalah yang memproduksi patung Oscar di Chicago. Akademi mengatakan memerlukan waktu tiga sampai empat minggu untuk membuat 50 patung Oscar.

7. Patung asli berlapis emas dan perunggu padat. Namun kini perunggunya telah diganti lapisan logam emas britannia.

8. Ukuran dasar patung ini telah mengalami perubahan beberapa kali antara 1929-1945. Ukuran dasar tetap tidak berubah sejak 1945.

9. Akademi menyerahkan patung pertama pada 1929 kepada Emil Jannings. Ia memenangi kategori aktor terbaik untuk film The Last The Command dan The Way of All Flesh.

10. Piala Oscar memiliki tinggi 33 sentimeter dengan berat 3,6 kilogram


Tidak ada komentar: